ADS HERE

Thursday, July 23, 2009

Apa itu Permalink?.. Permalink (permanen link) merupakan URL permanen ke setiap blog post, kategori dan semua daftar postingan blog lainnya. Sebuah permalinks inilah yang digunakan oleh blogger lain untuk me-refer ke artikel kita (atau bagian lainnya), atau bagaimana kita mengirimkan tautan ke salah satu artikel kita melalui pesan elektronik. Terutama ketika digunakan untuk membuat tautan ke artikel tertentu, sejak artikel tersebut dimuat, URL ke artikel tersebut haruslah permanen, dan tidak pernah di rubah, karenanya disebut permalink (tautan permanen). Hmmm bisanya permalink ini erat hubungannya dengan SEO, benar gak ya? hehehe. Contoh permalink itu sendiri seperti ini http://anak-nias.blogspot.com/2009/07/teknik-seo.html (platform blogger) atau http://namadomain.com/teknik-seo.php (platform wordpress).

Permalink itu sendiri terdiri dari berbagai tipe, disini tipe permalink wordpress yang akan dibahas, tapi mungkin gak ada bedanya dengan permalink platform lain. emank itu yang didapat dari hasil jelajah di google hehehe.

Tipe Default (Ugly)
Default permalink akan tampak seperti ini http://namadomain.com/?=N. Dimana N berupa angka. Hal ini default pada setiap installasi WordPress baru karena cara ini dapat berjalan di semua lingkungan server. Akan tetapi, pilihan ini tidak disukai oleh banyak orang (dan juga oleh search engine) karena tidak terlihat sebagus pilihan-pilihan lainnya.

Tipe mod_rewrite (Pretty Permalink)
Tipe ini paling banyak digunakan dari kebanyakan format permalink, dan biasanya kebanyakan orang menghilangkan elemen tanggal (hari, bulan, tahun) untuk lebih mempersingkat format permalink, agar lebih enak dilihat dan mungkin ada pengaruhnya di search engine. Mohon penjelasan dari para master. Seperti ini bentuknya http://namadomain.com/category/post-name/ atau http://namadomain.com/yyyy/mm/dd/post-name/.

Tipe PATHINFO (Almost Pretty)
Sangat mirip dengan mod_rewrite permalink, hanya saja tersisipkan /index.php. Seperti ini bentuknya http://namadomain.com/index.php/yyyy/mm/dd/post-name/. Jadi sama fleksibelnya dengan mod_write permalink, dengan bantuan /index.php tentunya.

Mudah mudahan cukup jelas, dan tidak mengecewakan :)



Related Post



About Anaknias Blog :www.anak-nias.blogspot.com is a blog tutorials, tips and tricks, as well as the latest news about blogging, gadgets, health and other tips. Welcome, please leave a comment. No spam, no junk. If you have suggestions or criticisms, please contact us via email edo.bago[at]gmail.com.

0 komentar:

Post a Comment